'/> Fungsi Dan Keunikan Rumah Etika Provinsi Kalimantan Barat

Info Populer 2022

Fungsi Dan Keunikan Rumah Etika Provinsi Kalimantan Barat

Fungsi Dan Keunikan Rumah Etika Provinsi Kalimantan Barat
Fungsi Dan Keunikan Rumah Etika Provinsi Kalimantan Barat
Rumah Panjang atau Rumah Radakng

METIF -Kalimantan Barat ialah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, Provinsi yang didominasi oleh suku Dayak ini lampaunya merupakan kelompok masyarakat atau suku yang hidup secara secara komunal dan tinggal didalam satu rumah yang cukup besar serta dan salutnya lagi mereka juga mencari nafkah atau makanan secara bersam-sama, dan segala sesuatu selalu dikerjakan bantu-membantu secara bergotongroyong, luar biasa banget bukan ?

Namun dengan perkembangan jaman yang tiba begitu pesat menciptakan kebudayaan orisinil masyarakat Kalimantan Barat sedikit mengalami pergeseran. Lalu menyerupai apa Struktur desain, ciri-ciri, filosofi dan fungsi dari rumah adat Kalimantan Barat Rumah Panjang atau Rumah Radakng sekomplitnya? mari kita simak penjelasannya diberikut ini :

I.          Struktur Desain Bangunan Rumah Panjang Kalimantan Barat
Struktur desain dari bangunan Rumah Panjang Kalimantan Barat ini berbentuk menyerupai rumah panggung yang didirikan dengan beberapa tiang penyangga yang tidak mengecewakan cukup tinggi, desain rumah panggung Kalimantan Barat ini juga mempunyai tujuan biar penghuni rumah terhindar dari bahayanya hewan buas dan lain-lain, Rumah Panjang Kalimantan Barat ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu sesuai dengan namanya rumah panjang  tersebut memang berukuran panjang, dan panjangnya kebelakang mencapai hingga 180 hingga 200 meter, sedangkan lebarnya sendiri hanya 6 meter dan tingginya mencapai 8 meter dari permukaan tanah.

Sedangkan materi yang di gunakan untuk menciptakan rumah ini ialah kayu ulin, dimana kayu ulin ini tergolong kayu terbaik di dunia, dan di Indonesia hanya ada di Pulau Kalimantan, selain besar lengan berkuasa kayu ulin juga tergolong kayu yang tahan terhadap air, sedangkan atap Rumah Panjang sendiri terbuat dari atap ijuk, namun kini sudah beralih ke atap genting dari materi tanah.

Pada jaman lampau Rumah Panjang Kalimantan Barat ini di berdiri di tengah hutan, dan merupakan lokasi yang sangat rawan terhadap serangan-serangan hewan buas secara tiba-tiba,  untuk menghindari ancaman tersebut Rumah Panjang ini di kompliti dengan tiang di bab depan rumah, dan tangga tersebut di buat kecil dan sempit, hal tersebut bertujuan untuk menyulitkan hewan buas yang hendak naik Kerumah Panjang tersebut.
II.               Ciri Serta Nilai Filosofi Rumah Panjang Kalimantan Barat
Rumah Panjang yang di desain dengan ukuran yang cukup panjang ini, secara adab mempunyai arti atau Nilai-skor Filosofi yaitu masyarakat suku dayak sangat menyayangi kerukunan, di Rumah Panjang ini lah tiruana masyarakat suku Dayak sanggup dirangkul dan hidup rukun serta bergotongroyong dan selaras pula antara kepentingan eksklusif dan kepentingan umum.

III.            Fungsi Rumah Panjang Provinsi Kalimantan Barat
Selain berfungsi sebagai icon budaya,tempat tinggal, rumah adab Kalimantan Barat ini menurut fungsi-fungsi atau kegunaannya digolongkan menjadi beberapa bagian, diberikut penjelasanya ;

1.     Ruang Pante
Ruang Pante ialah merupakan ruang  berupa teras yang berada di bab depan, adapun fungsi bab teras tersebut ialah untuk bersantai bagi keluarga.

      2.     Ruang Samik
Ruangan Samik ini mempunyai fungsi sebagai tempat untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah ini, selain itu juga berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi penghuni Rumah Panjang ini, di ruangan Samik ini dikompliti dengan meja (pane) menyerupai dipan dengan bentuk persegi 3m x 3m, dan tinggi nya setengah meter, selain sebagai tempat duduk pane ini juga berfungsi sebagai tempat tidur bagi tetamu yang akan menginap di Rumah Panjang ini.

      3.     Ruang Bilik
Ruangan bilik atau kamar ini berukuran sekitar 6m x 6m dan fungsi dari Bilik ini ialah sebagai tempat diberistirahat atau kamar tidur, sedangkan jumlah bilik itu sendiri diubahsuaikan dengan jumlah anggota atau penghuni yang mendiami Rumah Panjang ini.

      4.     Ruang Uakng Mik
Uakng Mik (dapur) merupakan ruangan yang berada di bab belakang  Rumah Panjang , dan difungsikan sebagai tempat para kaum perempuan mengolah materi makanan yang nantinya akan dihidangkan untuk anggota keluarga yang mendiami Rumah Panjang ini.


Nah itulah tadi klarifikasi wacana rumah adab Kalimantan Barat, Rumah Panjang, sungguh luar biasa sekali bukan ?...  saya ingat betul lampau sekitar tahun 1990 aku juga pernah berkunjung ke Rumah Panjang jenis ini. Kebetulan sanak saudara aku juga banyak di Kalimantan Barat,Tengah dan Selatan. Demikian lah semoga mempunyai kegunaan dan Salam METIF Media Esukatif.
Advertisement

Iklan Sidebar