'/> Tari Tradisional Provinsi Bengkulu Tari Andun

Info Populer 2022

Tari Tradisional Provinsi Bengkulu Tari Andun

Tari Tradisional Provinsi Bengkulu Tari Andun
Tari Tradisional Provinsi Bengkulu Tari Andun
Pola Lantai Tari Andun Provinsi Bengkulu Lengkung dan Lurus

METIF -Tarian tradisional Tari Andun adalah merupakan nama tarian masyarakat Provinsi Bengkulu. Tarian Tari Andun ini yakni termasuk tari pergaulan dan biasanya penarinya yakni laki-laki dan wanita. Tari Andun ini cukup popular di kalangan masyarakat di Bengkulu, da nada sanggup menjumpai di daerah Bengkulu  Selatan. Tarian Tari Andun sering di tampilkan ketika ada program adat, program penyambutan tamu dan lainnya.

1.     Sejarah Tari Andun Provinsi Bengkulu
Tari Andun ini Menurut sejarahnya merupakan tari tradisional masyarakat Bengkulu dan lampau sering ditampilkan ketika upacara penerima adat, diantaranya ketika setelah panen raya. Tarian Tari Andun dibawakan sebagai ungkapan rasa syukur alasannya yakni hasil panen melimpah ruah, pementasannya biasanya dimunculi oleh tiruana lapisan masyarakat di sana, diantaranya yakni kaum muda mudi,dan selai sebagai media tari ungkapan rasa syukur , tarian ini juga merupakan tarian yang biasanya menjadi sara menemukan jodoh, alasannya yakni tidak jarang mereka yang sudah berkeluarga ketika ini awal pertemuannya atau pandangan pertamanya yakni ketika menjadi penari maupun ketika menyaksikan pementasan teri Tari Andun Provinsi Bengkulu ini.

Kini Tari Andun Provinsi Bengkulu sudah dikenal secara luas, pementasannya juga sudah semakin fleksibel, tidak ketika program panen saja, namun sering di tampilkan ketika program ijab kabul atau pun program watak lainnya.

2.     Fungsi Dan Makna Tari Andun Provinsi Bengkulu
Seperti yang telah admin jelaskan di awal tadi, bahwa Tari Andun ini awalnya di tampilkan ketika panen raya sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang melimpah, namun kini sering pula di tampilkan untuk memeriahkan sebuah program baik itu program adat, pernikahan, khitan program penyambutan tamu, dan program watak lainnya.
3.     Pementasan Tari Andun Provinsi Bengkulu
Pementasan Tari Andun ini di bawakan oleh penari laki-laki dan wanita,
jumlahnya juga diadaptasi dengan kebutuhan dan siapa saja boleh mengikuti tarian ini, jumlah penari biasanya di sesuaikan dengan kelompok penarinya. Biasanya antara penari laki-laki dan perempuan mempunyai jumlah yang sama.

Tari Andun dimainkan dengan diiringi musik pengiring khas melayu Bengkulu, gerakan Tari Andun ini terbilang cukup sederhana, alasannya yakni tari Tari Andun ini bersifat sosial, sehingga siapapun yang mengikuti tarian ini tidak kesusahan melaksanakan gerakan-gerakannya, walaupun sederhana namun tarian ini tetap memdiberikan arti tersendiri.

4.     Musik Pengiring dan Kostum Tari Andun
Tari Andun  yang mempunyai pola lantai lengkung dan lurus ini dimainkan dengan diiringi oleh alat musik tradisional seperti diantaranya yakni gong, gendang dan kolintang khas Provinsi Bengkulu, dan untuk irama musik pengiring Tari Andun ini mempunyai  irama dan bertempo cepat.

Untuk busana yang dipakai juga tergantung pada pementasannya, bila di mementaskan pada acara-acara hiburan maka kostumnya bebas dan sopan, bila ditampilkan ketika program yang bersifat resmi dan keadatan maka penari memakai pakaian watak khas Bengkulu sebagai kostumnya, menyerupai apa pakaian khas Bengkulu baca penjelasannya di bawah ini ;

Baca Juga :

5.     Perkembangan Tari Andun Provinsi Bengkulu
Perkembangan Tari Andun hingga ketika ini masih terus lestari dan tetap dikembangkan hingga sekarang. Tarian ini masih sering di tampilkan ketika program ijab kabul adat, ketika program penyambutan tamu terhormat, dan juga pada program pesta rakyat, pesta watak dan lain-lain, selain itu tarian ini juga pernah di tampilkan pada ketika ekspo budaya dan ketika promosi pariwisata Bengkulu. Tari Andun sudah dikenal secara luas, bukan hanya di Bengkulu saja, namun sudah dikenal secara Nasional.

Demikianlah artikel tentang  Tari Andun Provinsi Bengkulu kali ini biar berguna dan salam METIF-.
Advertisement

Iklan Sidebar