'/> Fungsi Dan Keunikan Rumah Bentang Kalimantan Tengah

Info Populer 2022

Fungsi Dan Keunikan Rumah Bentang Kalimantan Tengah

Fungsi Dan Keunikan Rumah Bentang Kalimantan Tengah
Fungsi Dan Keunikan Rumah Bentang Kalimantan Tengah
Ciri-ciri dan Keunikan Rumah  Bentang Kalimantan Tengah

METIF -Kalimantan Tengah ialah salah satu dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, provinsi ini juga mempunyai rumah susila yang tidak kalah unik dengan yang dimiliki daerah-daerah lain, dan rumah susila khas suku Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah yang admin bahas ini ialah Rumah Bentang,  Nah ibarat apa klarifikasi ludang kecepeh komplitnya mari kita simak penjelasannya diberikut ini :

1.     Ciri-ciri Rumah Bentang Kalimantan Tengah :
Tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Barat, di mana rumah susila Kalimantan tengah ini juga didesain dengan model panggung yang memanjang kearah belakang, dan bagi suku Dayak lain, mempunyai tradisi membangun Rumah Adat nya dengan posisi hulunya searah dengan arah terbit matahari, sedangkan hilirnya searah dengan arah terbenamnya matahari, hal ini berafiliasi dengan filosofi rumah susila tersebut, dimana apengertian dan klarifikasi filosofinya bahwa masyarakat suku Dayak Ngaju mempunyai cirikhas sebagai seorang pekerja keras dari semenjak matahari terbit hingga terbenam, sesuai dengan perkembangan jaman, sekarang jenis Rumah Bentang yang orisinil sudah sangat susah sekali ditemukan.

            2.     Simbol dan Nilai-skor Filosofi Rumah Bentang Kalimantan Tengah :
Rumah Betang Kalimantan Tengah mengandung skor filosofi yang cukup tinggi adapun skor filosofi yang masih menempel pada masyarakat Dayak Ngaju yang mendiami Rumah Bentang ini ialah ;

Bahwa didalam menjalani kehidupannya, naluri masyarakat Dayak Ngaju sangat menjunjung tinggi skor-skor kebersamaan kendatipun hidup berdampingan dengan masyarakat suku lain. Suku Dayak Ngaju sangat cinta damai, dan sangat membenci keonaran, dengan demikian mereka juga sangat berusaha keras untuk tetap mempertahankan tradisi serta skor-skor luhur yang tercermin pada simbol rumah susila bentang ini, dan mereka memfungsikan rumah bentang ini sebagai tempat tinggal sekaligus sentra segala kegiatan-kegiatan yang bersifat tradisi masyarakat suku tersebut dan juga sebagai tempat untuk menjalin keakraban antara satu sama lain.

            3.     Fungsi dari Tiap Bagian Pada Rumah Bentang Kalimantan Tengah.
Masyarakat suku Dayak Nngaju Kalimantan Tengah percaya terhadap ketentuan khusus yang di terapkan pada tata letak serta fungsi ruangan Rumah Bentang ini, ibarat apa penjelasannya mari kita ikuti klarifikasi sekomplitnya diberikut.


      a.     Ruangan Pusat Rumah Bentang
Ruangan dengan abjad los atau lepas yang berada di tengah bangunan ini merupakan tempat yang berfungsi sebagai tempat berkumpul atau pun melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial.

      b.      Ruang Kamar Tidur Rumah Bentang
Terdapat kepercayaan terhadap ketentuan tata ruang atau tempat tidur di Rumah Bentang ini, adapun ketentuan tersebut diantaranya ialah tata cara peletakan posisi kamar orang renta serta kamar anaknya, ibarat apa tata ruang yang di maksud ?...

Yakni tata ruang tempat tidur orang renta harus berada di bab ujung fatwa sungai, sedangkan kamar tidur yang diperuntukan bagi anak bungsunya harus berada di paling ujung hilir fatwa sungai, ketentuan ini dihentikan di tubruk jikalau berani melanggar maka di percaya mala peta akan tiba dan menimpa keluarga serta seisi rumah bentang tersebut.

      c.       Ruangan Dapur Rumah Bentang
Ruangan dapur ini dibentuk dengan posisi menghadap ke fatwa sungai, konon jikalau hal ini diterapkan maka akan mendatangkan keberkahan serta rezeki yang melimpah.

      d.     Tangga Rumah Rumah Bentang
Tangga Rumah Bentang di buat dengan jumlah ganjil, 1,3,5 dan lain seterusnya, jumlah tangga itu sendiri di sesuaikan dengan ukuran rumah bentang itu sendiri, semakin besar ruamahnya semakin banyak pula tangga yang dipasang, namun umumnya tangga rumah bentang ini berjumlah tiga, dan posisi masing-masing berada di ujung kanan dan kiri dan satu lagi berada di depan rumah dan tangga yang berada di tengah tersebut merupakan simbol solidaritas suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah.

      e.      Ruangan Pante Rumah Bentang
Pante berukuran luas yang berada di bab atap serta menjorok ke luar ini biasanya difungsikan sebagai tempat menjemur pakaian ataupun hasil pertanian ibarat padi, jagung atau yang lainnya, pane ini ialah lantai yang di buat dari materi bambu, batang pinang yang di belah, kayu seukura lengan ataupun papan, dan terkadang pane juga dipakai sebagai tempat melakukan kegiatan-kegiatan upacara susila setempat.

f .        Ruangan Serambi Rumah Bentang
Serambi ialah sebuah pintu masuk Rumah Bentang, yang mana untuk memasuki area ini terludang kecepeh dulu melewati pane, serambi yang dibentuk berjumlah sesuai dengan jumlah kepala keluarga yang mendiami rumah tersebut, di bab depan serambi ini ketika ada program upacara susila biasanya didiberi tanda berupa bambu yang bab kulitnya di arut halus-halus sehingga membentuk jumbai-jumbai di setiap ruas-ruasnya.

      g.     Ruangan Sami Rumah Bentang
Ruang hingga merupakan ruangan yang berfungsi sebagai ruang tamu atau sanggup dijadikan pula sebagai tempat bagi para penghuni rumah untuk mengadakan yang akan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tertentu.

      h.      Ruangan Jungkar Rumah Bentang
Ruang jungkir merupakan ruang perhiasan yang berada di bab belakang bilik masing-masing kepala keluarga, dan biasanya terletak di bab tangga masuk rumah.

Nah itulah tadi klarifikasi wacana Rumah Bentang susila Provinsi Kalimantan, agar berguna bagi kita tiruana dan Salam METIF Media Esukatif.
Advertisement

Iklan Sidebar